SKL Ujian Nasional SMA 2012 Bahasa Inggris

Berikut ini adalah Standar Kompetensi Lulusan SMA/MA (Program IPA / IPS / BAHASA / KEAGAMAAN) untuk pelajaran Bahasa Inggris. Bagi siswa SMA, dengan memahami SKL ini dan belajar sesuai materi di sini, kalian akan lebih siap dan terarah belajarnya. Tidak perlu belajar materi yang lain untuk bahasa Inggris, cukup yang tercantum di bawah ini, untuk dapat lulus SMA.

KOMPETENSI: LISTENING (Mendengarkan)

Memahami makna dalam wacana lisan interpersonal dan transaksional, secara formal, maupun informal, dalam bentuk teks fungsional pendek, recount, narrative, procedure, descriptive, news item, report, analytical exposition, hortatory exposition, explanation, discussion, dan review dalam konteks kehidupan sehari-hari.

INDIKATOR:

  1. Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/informasi rinci dari sebuah percakapan interpersonal/transaksional secara formal atau informal.
  2. Menentukan respon yang tepat terhadap percakapan transaksional/interpersonal secara formal atau informal.
  3. Menentukan gambar yang tepat sesuai dengan informasi yang ada di dalam percakapan interpersonal/transaksional secara formal atau informal.
  4. Menentukan gambar yang sesuai dengan teks monolog yang diperdengarkan.
  5. Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/informasi tersirat atau informasi rinci dari sebuah teks monolog yang diperdengarkan.

KOMPETENSI: READING (Membaca)

Memahami makna dalam wacana tertulis secara formal maupun informal dalam bentuk teks fungsional pendek, recount, narrative, procedure, descriptive, news item, report, analytical exposition, hortatory exposition, explanation, discussion, dan review dalam konteks kehidupan sehari-hari.

INDIKATOR:

  1. Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/informasi rinci/ informasi tersirat atau makna kata/frasa/kalimat dari teks tertulis fungsional pendek berbentuk message.
  2. Menentukan gambaran umum/informasi rinci/informasi tersirat/informasi tertentu atau makna kata/frasa/kalimat atau pikiran utama paragraf/rujukan kata/tujuan komunikatif dari teks tertulis fungsional pendek berbentuk letter/e-mail.
  3. Menentukan informasi tertentu/gambaran umum/informasi rinci/informasi tersirat/rujukan kata atau makna kata/frasa dari teks tertulis fungsional pendek berbentuk advertisement/brochure.
  4. Menentukan informasi tertentu/informasi rinci/pikiran utama paragraf/pesan moral/gambaran umum/informasi tersirat/rujukan kata atau makna kata/frasa/kalimat dari teks tertulis berbentuk narrative.
  5. Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/rujukan kata/informasi rinci/informasi tersirat atau makna kata/frasa/kalimat atau tujuan komunikatif/pikiran utama paragraf dari teks tertulis berbentuk news item.
  6. Menentukan informasi tertentu/pikiran utama paragraf atau makna kata/frasa/kalimat atau informasi rinci/gambaran umum/tujuan komunikatif/informasi tersirat/ rujukan kata dari teks tertulis berbentuk recount.
  7. Menentukan gambaran umum/informasi tertentu atau makna kata/frasa/kalimat atau rujukan kata/informasi tersirat/ informasi rinci dari teks fungsional pendek berbentuk announcement.
  8. Menentukan gambaran umum/tujuan komunikatif/informasi tertentu/pikiran utama paragraf/informasi tersirat atau makna kata/frasa/kalimat atau rujukan kata/informasi rinci dari teks tertulis berbentuk report.
  9. Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/informasi rinci/ rujukan kata/informasi tersirat atau makna kata/frasa/kalimat atau tujuan komunikatif/pikiran utama paragraf dari teks tertulis berbentuk descriptive.
  10. Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/informasi tersirat/ informasi rinci/ tujuan komunikatif atau makna kata/frasa/kalimat atau rujukan kata/pikiran utama paragraf dari teks tertulis berbentuk explanation.
  11. Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/informasi tersirat/ informasi rinci/pikiran utama paragraf atau makna kata/frasa/kalimat atau rujukan kata/tujuan komunikatif dari teks tertulis berbentuk exposition.
  12. Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf/ informasi tersirat/informasi tertentu/tujuan komunikatif/informasi rinci atau makna kata/frasa/kalimat atau rujukan kata dari teks tertulis berbentuk discussion.
  13. Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/informasi tersirat/informasi rinci/tujuan komunikatif atau makna kata/frasa/kalimat atau rujukan kata/pikiran utama paragraf dari teks tertulis berbentuk review.

KOMPETENSI: WRITING (Menulis)

Mengungkapkan makna secara tertulis dalam wacana interpersonal dan transaksional, secara formal maupun informal, dalam bentuk recount, narrative, procedure, descriptive, news item, report, analytical exposition, hortatory exposition, discussion dan review dalam konteks kehidupan sehari-hari.

INDIKATOR:

  1. Menyusun beberapa kalimat secara acak menjadi sebuah teks berbentuk recount/procedure/narrative/descriptive.
  2. Melengkapi 3 rumpang pada teks pendek berbentuk  narrative/ procedure/ recount/ descriptive/ report dengan kosa kata/frasa yang sesuai.

Bagi yang ingin update dan memahami SKL ini supaya belajarnya makin terarah, silahkan follow @elangyudantoro di twitter yah. Untuk urusan Ujian Nasional 2012 SMA saya pakai hashtag #UN2012 nih. Sudah punya bekal belajar dalam menghadapi UN ini? Saya juga menulis buku Rangkuman Bahasa Inggris SMA (terbitan GagasMedia), ayo silahkan diborong juga.

Doakan saja semoga saya bisa banyak memberikan workshop menghadapi UN 2012 ini ya. Bagi yang ingin info bisa juga ke fanpage saya di facebook, tau kan? Ini http://www.facebook.com/elang.writer alamatnya.

Semangat belajar!

Sukses #UN2012

About these ads
Categories: Listening, Reading, Ujian, Writing | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com. The Adventure Journal Theme.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: